Social Icons

Rabu, 12 November 2014

TIM MONITORING HARUS LEBIH CERDAS PENDENGAR DAN NGINTIP

Camat Menyampaikan Pembekalan Materi Monitoring
Sedanau, Tim monitoring harus membekali diri dengan pengetahuan dan keterampilan yang memadai karena petugas monitoring harus lebih pintar dan lebih cerdas dibanding pelaku-pelaku lainnya. Demikian pesan Camat Bunguran Barat ketika membuka kegiatan Pelatihan Tim Monitoring, Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri Perdesaan di penginapan Gembira, Sedanau (12/11).
Di hadapan peserta pelatihan yang terdiri dari pelaku PNPM MD utusan kelurahan  dan desa se-Kecamatan Bunguran Barat yang akan berlangsung sampai Kamis (13/11) tersebut Camat memaparkan konsep dasar kegiatan monitoring. Antara lain pemahaman terhadap input, proses/konversi kegiatan dan output yang harus dimonitor. “Sehingga output yang akan dicapai benar-benar dapat menjamin kualitas, ketepatan waktu dan biaya kegiatan,” kata Camat.
Dalam kesempatan tersebut diharapkan agar petugas monitoring dapat menjadikan pengaruh lingkungan, baik lingkungan dalam (intra sociental environment) maupun liungkungan luar(exstra sociental environment) menjadi input baru untuk dijadikan pelajaran, perbaikan dan perubahan menuju arah yang lebih baik. “ Dengan demikian barulah dapat kita gapai pembangunan yang berkelanjutan itu,’ tambah  Camat.

Menyangkut objek dan subjek pemantauan, Camat berpesan agar Tim Monitoring yang akan melakukan kegiatan monitor terhadap kegiatan pembangunan tersebut dapatmenjadi pendengar yang baik. Menurutnya dengan menjadi pendengar yang baik, dengan tidak menggurui objek dan subjek yang di monitor maka akan mempermudah perolehan data yang diinginkan, sehingga hasil kegiatan monitoring itu benar-benar bermanfaat. (Niko, Raje)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Blogger Templates