Social Icons

Minggu, 21 Desember 2014

PROYEK PL SELALU TANPA KOOPRDINASI

Salah Satu Proyek PL yang Di Pantau oleh Camat
Camat Bunguran Barat  mempertanyakan tentang keberadaan proyek penunjukan langsung (PL) yang  masuk ke wilayah kerjanya tanpa koordinasi.  Akibatnya tidak sedikit miskomunikasi (terjadi kesalahpahaman) di lapangan. Setelah terjadi permasalahan, barulah pihak-pihak terkait dengan proyek tersebut ,menghubungi Camat dan Lurah guna mencari solusinya.

Ada yang tidak mengikhlaskan tanahnya digunakan untuk proyek, ada pemasangan papan plang proyek di bangunan gedung objek kegiatan, ada pemilik pohon yang tidak merelakan pohonnya ditebang dan lain-lain. Demikian keluahan yang disampaikan Camat Asmara Juana Suhardi, kepada rombongan komisi II, DPRD Natuna di ruang kerjanya, Kamis (18/12).
Kepada Wakil Ketua Komisi II DRPD Natuna, Marzuki dan Pang Ali, Camat berharap agar ke depan tidak ada lagi proyek PL yang masuk ke wilayahnya yang tidak terkordinir. Oleh karena itu dimohon agar penentuan proyek PL tersebut mempertimbangkan kegiatan yang telah diusulkan dalam musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang) dan tidak boleh ada prorek di luar perencanaan tersebut.
Diakui sejak dicabut status Camat sebagai pengawas umum proyek, banyak kendala yang dihadapi di lapangan. Di satu sisi Camat diuntungkan karena apabila proyek itu bermasalah, maka Camat terlepas dari jeratan hukum. Di sisi lain Camat sebagai pengguna/pemakai (User) punya tanggungjawab moral kepada masyarakat terhadap proyek yang dibangun di wilayah kerjanya. Sehingga dibutuhkan proyek yang benar-benar berkualitas dan sesuai kebutuhan masyarakat.
Keluhan serupa juga disampaikan Lurah Sedanau, Mukhrizal ketika mendampingi tim pemantau Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Natuna, Kamis (18/12). Dikatakan bahwa pihaknya kadang-kadang terkejut tiba-tiba ada pekerja yang langsung melakukan kegiatan pembangunan.  Alangkah baiknya melibatkan Camat atau Lurah sejak awal, mulai dari kegiatan perencanaan atau DED, sehingga meminimalisir terjadinya miskominikasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Blogger Templates