Social Icons

Pemerintahan

     
       KECAMATAN BUNGURAN BARAT

1. Geografi
Kecamatan Bunguran Barat terletak di Bagian Timur Laut Wilayah Kabupaten Natuna, pada gugusan pulau yang di kenal dengan Kepulauan Natuna, dengan    berbatasan :
-          Sebelah Utara Berbatasan dengan Kecamatan Bunguran Utara
-          Sebelah Selatan Berbatasan dengan Kecamatan Pulau Tiga
-          Sebelah Timur Berbatasan dengan Kecamatan Bunguran Tengah
-          Sebelah Barat Berbatasan dengan Kabupaten Anambas
Luas Wilayah Kecamatan Bunguran Barat 13.238 Km Terdiri dari 19 Pulau, 8 Pulau berpenghuni dan 11 Pulau tidak Berpenghuni Pusat Pemerintahan berada di Wilayah Kelurahan Sedanau. Jarak antara Ibu Kota Kecamatan dengan Ibu Kota Kabupaten ± 60 Mil, dengan Desa terjauh ± 14 Mil dan Desa terdekat ± 7 Mil. 

2. Iklim
Secara umum Iklim Wilayah Kecamatan Bunguran Barat sama dengan Kondisi Iklim di Kecamatan – kecamatan lainnya di wilayah Kabupaten Natuna, yang mana kondisi iklim tersebut di pengaruhi kondisi tropika basah, suhu udara rata – rata 25 º C dengan kisaran suhu terendah 22 º C dan tertinggi 33 º C. Kelembaban Udara berkisar antara 80 – 85 %, tekanan udara berada antara 1,008 Mili Bar pada bulan Desember sampai 1,002 Mili Bar. Penyinaran matahari hampir sepanjang tahun yaitu 32 – 56 %, kecepatan angin berpariasi 3,5 – 11,00 Knot Per Jam.
Keadaan Angin dalam masa Panca Roba ( Angin Utara, Angin Barat, Angin Selatan dan Angin Tenggara ) sering berubah – rubah, tinggi gelombang laut tidak bisa di pastikan, tiba – tiba saja ombak besar di luar perkiraan, sehingga sering mengakibatkan terjadinya kecelakaan – kecelakaan di laut khususnya terhdap Nelayan-Nelayan dan kapal-kapal pengangkut barang – barang kebutuhan masyarakat dan kegiatan pembangunan . Musim pancara roba tersebut terjadi pada bulan Agustus sampai dengan Januari dan Juni-juli angin barat.
Pada bulan Maret,  April dan Mei bertiup Angin Timur dan di Kenal dengan musim Timur . Pada Musim ini terjadi musim kemarau,angin bertiup lembut dan laut berombak tenang, pada musim Timur ini aktifitas nelayan dan transportasi laut di laksanakan secara maksimal .

3.  Fisiografi 
Kabupaten Natuna merupakan bagian paparan kontinetal yang terkenal dengan nama paparan sunda . Pulau-pulau yang termasuk gugusan  kepulauan Natuna ini sisa –sisa ombak laut cina selatan atau penyatuan daratan prateria  yang membentang dari semenanjung  Malaysia bagian utara  sampai kepulauan Bangka. Wilayah Kecamatan Bunguran Barat sebagian besar di pisahkan oleh laut.
Bentuk permukaan tanah di Kecamatan Bunguran Barat terdiri dari daratan rendah dan landai,  terutama di kawasan pantai dengan kemiringan antara 2 %-5% luas wilayah  datar dan bukit sebesar 25% berikut sampai bergunung sebesar 10% pengunaan tanah pada umumnya hanya untuk pertanian dan perkebunanan sedangkan kawasan perumahan sebagian besar berada di pesisir pantai.

 Kecamatan Bunguran Barat secara Administrasi Pemerintahan terdiri 1 (satu) Kelurahan dan 9 ( Sembilan ) Desa . Dari 9 Desa tersebut dapat 3 ( tiga ) Desa Pemukiman Tranmigrasi / Desa persiapan. dengan princian sebagai berkiut :
1.  Kelurahan Sedanau
2.  Desa Sedanau Timur
3.  Desa Mekar Jaya
4.  Desa Batubi Jaya. SP. I
5.  Desa Gunung Putri  SP. II
6.  Desa Sedarat Baru  SP.III
7.  Desa Binjai
8.  Desa Pian Tengah 
9.  Desa Semedang
10.Desa Selaut


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Blogger Templates